Layanan Kemahasiswaan

LAYANAN BEASISWA

Jenis Layanan : LAYANAN BEASISWA

Deskripsi

Pemberian beasiswa atau bantuan pendidikan bagi mahasiswa Universitas Sari Mulia dilakukan melalui beberapa sumber, yaitu beasiswa dari Yayasan Indah Banjarmasin, Beasiswa Unggulan UNISM, Beasiswa Indonesia Cerdas PT.BRI, Beasiswa pemerintah yaitu BIDIKMISI dan PPA(Khusus untuk Sarjanah Keperawatan dan Diploma 3 Kebidanan) Mekanisme Pelaksanaan pemberian beasiswa kepada mahasiswa Universitas Sari Mulia adalah sebagai berikut :

  • 1. Beasiswa Unggulan UNISM dan Beasiswa Yayasan Indah Banjarmasin ditujukan kepada mahasiswa yang membutuhkan bantuan dana pendidikan karena memiliki prestasi akademik atau non akademik tetapi mempunyai keterbatasan ekonomi.
     
  • 2. Beasiswa Pemerintah (Bidikmisi dan PPA) ditujukan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dan/ atau mempunyai keterbatasan ekonomi sesuai syarat yang telah ditetapkan oleh LLDIKTI wilayah XI.
     
  • 3. Beasiswa Indonesia Cerdas PT. BRI ditujukan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dan/ atau mempunyai keterbatasan ekonomi sesuai syarat yang telah ditetapkan.
     
  • 4. Sosialisasi beasiswa dilakukan oleh bidang kemahasiswaan Universitas Sari Mulia dengan memberikan informasi kepada seluruh mahasiswa melalui pengumuman tentang kesempatan beasiswa, waktu pendaftaran, waktu seleksi berkas, serta syarat pendaftaran yang harus dipenuhi mahasiswa.
     
  • 5. Proses seleksi mahasiswa Universitas Sari Mulia yang mengajukan beasiswa dilakukan dengan 4 tahap yaitu:
     
    1. a. Seleksi kelengkapan berkas yaitu seleksi kelengkapan dokumen yang menjadi syarat pengajuan beasiswa sampai dengan batas waktu yang ditentukan oleh kemahasiswaan Jurusan. Bagi mahasiswa yang berkas pendaftarannya tidak lengkap tidak dapat mengikuti kegiatan seleksi tahap kedua.
       
    2. b. Seleksi calon penerima beasiswa sesuai dengan persyaratan masing-masing sumber beasiswa yang tersedia. Seleksi calon penerima beasiswa ini dilakukan oleh tim kemahasiswaan dan Rektor/ wakil rektor I.
       
    3. c. Tahap wawancara. Dalam tahap ini calon penerima yang telah ditetapkan dilakukan wawancara untuk menggali tujuan mahasiswa mengajukan beasiswa dan menyampaikan ketentuan yang harus ditaati mahasiswa jika menerima beasiswa.
       
    4. d. Tahap psikotest. Dalam tahap ini calon penerima yang terdaftar akan melakukan proses test psikologi untuk mengidentifikasi dan menganalisis pribadi calon penerima beasiswa secara psikologi.
       
    5. e. Tahap penetapan dan penandatanganan kontrak beasiswa. Bidang kemahasiswaan menyampaikan hasil wawancara kepada pimpinan yang kemudian menetapkan calon penerima beasiswa. Mahasiswa yang telah ditetapkan menjadi penerima beasiswa kemudian diminta menandatangani kontrak beasiswa sesuai dengan sumber beasiswa yang diterima.

News